Jumat, 10 Januari 2014

Strategi Lulus UN 2014 dan target setelah lulus sma

 Strategi Lulus Ujian Nasional

Beberapa bulan sebelum pelaksanaan ujian nasional :


  1. Siapkan diri Anda baik fisik maupun mental, jaga kesehatan dan bangun motivasi agar Anda sukses dan lulus ujian nasional.
  2. Cari metode belajar yang paling cocok dan nyaman dengan Anda agar dapat lebih giat belajar, tidak masalah menggunakan musik dan lain sebagainya selama hal ini menambah konsentrasi Anda. Bila perlu bangun kelompok belajar dengan teman sekelas Anda agar bisa berdiskusi atau ikut bimbingan belajar yang banyak terdapat di kota Anda seperti Primagama, Nurul Fikri, Ganesha dan lain-lain. Bila Anda memiliki dana yang cukup bisa memanggil guru les privat ke rumah Anda.
  3. Bila Anda mengikuti bimbingan belajar biasanya penyelenggara Bimbel telah memiliki contoh Ujian Nasional tahun yang lalu, hal ini akan sangat membantu karena bisa saja ada soal yang sama tahun lalu keluar lagi pada ujian nasional tahun ini. Atau Anda dapat memanfaatkan fasilitas internet dengan mesin pencari Google untuk mencari contoh-contoh soal ujian nasional tahun lalu sebagai bahan latihan, jika Anda jeli dalam mencari di Google akan banyak menemukan contoh-contohnya.
  4. Setelah mendapatkan contoh-contoh soal Ujian Nasional tahun yang lalu maka sekarang Anda bisa latihan untuk menjawab soal-soal tersebut, bila perlu menggunakan contoh lembar jawaban asli yaitu dengan melingkari. Usahakan jangan dulu melihat jawaban, jawab saja semampu Anda setelah selesai baru cocokan jawaban Anda dengan jawaban yang benar atau Anda bisa mencari jawaban melalui buku pelajaran yang ada. Hal ini akan membantu Anda mengingat soal dan jawaban tersebut.

Beberapa hari sebelum ujian nasional :

  1. Agar Anda tidak tergesa-gesa dan bingung saat ujian nasional nanti maka perlu disiapkan perlengkapan dalam mengikuti ujian nasional diantaranya alat tulis seperti pinsil 2 B, penghapus, penggaris dan perlengkapan lainnya seperti Kartu Tanda Peserta Ujian, seragam sekolah sebaiknya disiapkan beberapa hari sebelumnya.
  2. Bisa saja ujian tidak dilaksanakan di sekolah Anda, untuk itu dapatkan informasi yang lengkap mengenai dimana dan kapan tepatnya ujian Anda akan dilaksanakan, agar saat hari H tidak telat sampai di lokasi ujian.
  3. Disamping mempersiapkan diri dan belajar yang tidak kalah penting lainnya adalah istirahat yang cukup, konsumsi makanan bervitamin, jaga kesehatan dengan melakukan oleh raga yang teratur agar saat menghadapi ujian kondisi Anda benar-benar fit.
Saat mengikuti ujian nasional :

  1. Usahakan paling tidak 15 menit sebelum ujian dilaksanakan Anda sudah tiba di lokasi ujian agar semua hal sebelum ujian dapat Anda persiapkan dengan baik tanpa tergesa-gesa.
  2. Sebelum mulai mengerjakan mohon dan berdoalah pada Tuhan agar Anda diberi kemudahan dalam menjawab soal-soal ujian tersebut. Usahakan relax dan jangan tegang saat membaca soal maupun menjawabnya, ciptakan suasana santai namun tetap serius.
  3. Baca dengan baik instruksi yang tertera pada lembar pertanyaan, bila merasa kurang jelas tanyakan pada pengawas agar tidak ada keraguan saat menyelesaikan soal-soal ujian.
  4. Untuk efisiensi waktu maka kerjakan soal-soal yang menurut Anda mudah dan yakin benar dengan jawaban Anda, setelah itu soal yang sedang dan terakhir baru soal-soal yang dianggap sulit. Perhatikan juga bobot soal bila ada, usahakan mengerjakan soal yang memiliki bobot tinggi terlebih dahulu.
  5. Saat mengisi lembar jawaban pastikan tidak salah melingkari atau menjawabnya dan jawab dengan hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang akan membuang waktu Anda karena harus menghapus dan mengulangnya.
  6. Setelah semua jawaban Anda isi namun masih memiliki waktu beberapa menit, jangan buru-buru meninggalkan kursi Anda. Periksa kembali jawaban dengan teliti siapa tahu terjadi kesalahan sehingga masih dapat diperbaiki.

Setelah mengikuti ujian nasional :
1.  Sebelum meninggalkan tempat duduk Anda, seperti sebelum memulai diawali dengan berdo'a maka saat selesaipun akhiri dengan do'a kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar jawaban yang Anda isi tepat atau setidaknya bisa lulus ujian dengan nilai yang memuaskan
2.  Jika dalam pengumuman Anda dinyatakan LULUS, bersyukurlah pada Tuhan karena tanpa izinnya semua tidak akan terjadi termasuk kelulusan Anda. 
3.Namun bila hasil ujian ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan, jangan berputus asa mungkin Tuhan punya kehendak lain. Tetap bersabar dan tawakkal, coba lagi tahun depan dengan belajar lebih giat dan temukan cara yang lebih tepat dari sebelumnya. Insya Allah dengan usaha dan do'a yang sungguh-sungguh Anda pasti bisa lulus ujian nasional.

Target Setelah Lulus SMA

banyak target yang ingin saya capai setelah lulusSMA nanti, jika disebutkan mungkin tidak akan selesai di ketik dalam sehari...("maaf lebay).
Tapi yang jelas sebagai manusia kita harus mempunyai target" pencapaian dan tujuan hidup agar hidup kita lebih terarah dan juga agar kita lebih semangat dalam menjalani hidup.
-Pertama saya pengen kuliah di UI dengan beasiswa,
-kedua saya pengen jadi orang sukses 8 th kdepan
-saya pengen menghajikan k2 org tua saya sblum mnikah
-saya bercita-cita untuk tidak terus menjadi orang yang hidup sbg orang gajian,tp saya jg pngen berwirausaha,.
-banyak lagi yang lainnya
-berkeluarga
-mengabdi sepenuhnya sama keluarga dan sama yang Maha Kuasa 

0 komentar :

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar